5 Langkah Sukses Dalam Merintis Bisnis Modal Kecil

5 Langkah Sukses Merintis Bisnis Modal Kecil

Sekarang ini memiliki sebuah usaha atau bisnis modal kecil sendiri sepertinya sudah menjadi salah satu kebutuhan meski sudah ada pekerjaan tetap yang cukup menjanjikan. Usaha sampingan bisa menambah pemasukan sehingga kebutuhan rumah tangga bisa tercukupi dan kelak bisa menjadi sumber penghasilan jika sudah tidak bekerja.

Membuka bisnis sendiri tidak harus mengeluarkan modal yang besar. Merencanakan sebuah bisnis modal kecil lalu merintisnya secara benar tentu nantinya bisnis tersebut akan berkembang dengan sendirinya. Untuk membangun atau memulai bisnis dengan modal yang minim ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan. Simak ulasannya berikut ini.

5 Aspek yang Perlu Diperhatikan Dalam Memulai Bisnis Modal Kecil

Memilih Jenis Usaha

Hal yang paling mendasar pertama adalah penentuan bisnis seperti apa yang harus dibangun. Dalam menentukan hal ini lebih baik menyesuaikan jenis usaha yang sesuai dengan minat dan keahlian yang dimiliki. Jika sesuai dengan minat dan hobi dalam merintis sebuah usaha atau bisnis nantinya akan terasa ringan dan bisa maksimal.

Misalnya saja ada keahlian membuat kue, setiap membuat kue dan mencoba untuk membagikannya ke tetangga atau orang-orang sekitar lalu responnya bagus usaha toko kue atau jasa membuat kue cocok untuk dilakukan.

Selain bisa melakukannya dengan sepenuh hati, hal ini tanpa disadari bisa meminimalisir modal yang dikeluarkan. Jika usaha yang dipilih sesuai dengan minat dan hobi, paling tidak peralatan di rumah sudah ada sehingga tidak perlu membeli baru peralatan untuk memulai bisnis kecil-kecilan ini.

Rencana yang Matang

Rencana yang Matang

 

Meski usaha yang dibangun adalah jenis usaha kecil-kecilan bukan berarti perencanaan bisa seenaknya atau asal-asalan. Jika perencanaan dilakukan demikian tentu nantinya yang ada bukan meraup keuntungan tapi kerugian. Buatlah rencana dengan serius dan matang. Dimulai dari menentukan visi, misi, strategi bisnis, hingga nantinya anggaran yang dibutuhkan.

Pemilihan Pasar

Merintis usaha memang tidak semudah membalik telapak tangan. Awalnya usaha yang mulai dibangun tentunya skala yang dicakup akan terbatas. Seiring dengan berkembangnya usaha sistem manajemen yang awalnya sangat sederhana lama-lama akan berkembang secara bertahap.

Perlu diingat dalam memulai bisnis modal kecil tidak bisa memaksakan usaha langsung dimulai dengan skala penjualan dan jangkauan yang besar. Jika dipaksa maka usaha tidak bisa berjalan sebab biayanya tidak akan memadai.

Pemilihan pasar di sini lebih baik dimulai dari orang terdekat. Cara ini untuk memudahkan dalam melakukan promosi produk dengan cara meminta testimony untuk diberikan pada pasar yang lebih luas nantinya.

Pembagian Waktu

Agar merintis usaha bisa maksimal pemanfaatan waktu di sini berperan cukup penting. Waktu harus digunakan secara efektif, tepat, dan efisien dalam merintis sebuah usaha. Misalnya saja dengan membuat daftar atau jadwal apa saja rencana dalam satu bulan ke depan yang harus dilakukan.

Setelah membuat jadwal tersebut sudah seharusnya jadwal dilakukan tanpa harus menunda-nunda meski jadwal tersebut buatan sendiri. Bersikap profesional dalam membangun usaha sendiri merupakan kunci utama kesuksesan merintis usaha itu sendiri.

Memanfaatkan Media Sosial

Sekarang ini membuka usaha meski kecil-kecilan dengan memanfaatkan media sosial semua terasa mudah. Melakukan promosi dan mencari pasar melalui media sosial cenderung lebih sering dilakukan pengusaha era ini. Jangkauan atau pasar memang jadi lebih luas dan promosi bisa lebih cepat.

Pada dasarnya membangun sebuah bisnis online meski itu adalah bisnis modal kecil perencanaan yang matang dan tepat sangat dibutuhkan untuk bisa menghasilkan keuntungan sesuai dengan harapan. Jika awal melangkah sudah asal-asalan tentu hasil akhirnya juga akan malas-malasan.

Menjadi seorang pengusaha memang tidak mudah namun terus bergantung pada satu pekerjaan tetap saja untuk saat ini rasanya sedikit kurang tepat. Apalagi bagi yang gaji bulanan sangat mepet atau mungkin kurang, memiliki usaha sampingan meski kecil-kecilan sangat diperlukan untuk mencukupi kebutuhan.

Memulai bisnis modal kecil bukan berarti bisnis tersebut tidak bisa menjadi bisnis yang besar nantinya. Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, terus melakukan inovasi, terus belajar dan menambah wawasan di dunia bisnis hal tersebut sangat mungkin terjadi. Asalkan ada niat untuk terus maju tidak ada yang tidak mungkin bukan?

Nah sekian sedikit ulasan mengenai beberapa langkah sukses atau cara untuk memulai bisnis dengan modal yang kecil. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Author: admin