Membangun Bisnis di Online Shop Ternama

Semakin hari koneksi internet di Indonesia semakin cepat dan harganya juga semakin murah. Hal ini juga diikuti dengan harga smatphone dan tablet yang menjadi semakin terjangkau. Fakta ini juga semakin berdampak pada peningkatan tren belanja secara online di Indonesia. Sudah ada banyak online shop yang ternama di Indonesia dan Anda pun bisa memanfaatkan peluang yang mereka berikan untuk meraup keuntungan juga. Namun, membangun bisnis di berbagai online shop ternama seperti ini tidak bisa dilakukan begitu saja. Artinya ada tahapan-tahapan dan cara yang harus Anda lalui supaya Anda bisa sukses berjualan di sana, seperti cara membangun bisnis online shop ternama yang disebutkan di bawah ini.

Cara Membangun Bisnis Online Shop Ternama

Siapkan Produk yang Mempunyai Daya Saing dan Berkualitas

Yang namanya berjualan, tentu Anda harus punya produk yang akan dipromosikan. Nah, agar Anda bisa bersaing dengan toko online viral yang lainnya, maka Anda harus memastikan bahwa produk Anda adalah produk yang berkualitas. Bahkan kalau bisa, buatlah produk Anda itu seunik mungkin supaya Anda memiliki sedikit saingan.

Pilih Nama untuk Toko Online Anda

Setelah Anda memastikan kualitas produk yang akan dijual, selanjutnya Anda perlu memilih nama yang pas untuk toko online Anda tersebut. Pilihlah sebuah nama yang mudah untuk diingat, tidak terlalu panjang dan mampu menggambarkan produk-produk yang Anda jual. Nama toko ini juga bisa menjadi ciri khas Anda yang bisa membuat calon konsumen lebih mudah mengingat nama toko Anda.

Sertakan Logo

Sebaiknya Anda juga membuat logo toko. Buatlah logo ini sekreatif dan semenarik mungkin sehingga orang-orang bisa dengan mudah melihatnya. Ingat, jangan gunakan logo yang alay atau bahkan yang dibuat dengan cara asal-asalan karena sedikit banyak, logo ini juga memberikan pengaruh terhadap kepercayaan calon konsumen. Ada baiknya jika Anda menjadikan logo ini sebagai foto profil toko online Anda.

Siapkan Foto Produk

Selanjutnya Anda juga perlu menyiapkan foto produk. Foto produk di sini dimaksudkan sebagai media untuk memperkenalkan visual produk kepada calon pembeli. Ada baiknya jika Anda memberikan foto asli produk supaya barang yang akan diterima pembeli tidak terlalu jauh dari ekspektasi mereka.

Karena rata-rata banyak orang yang akan kecewa jika ternyata produk yang mereka terima tidak sesuai dengan bayangan mereka. Makanya, Anda jangan takut untuk memasang foto asli ini sekalipun kualitasnya kurang begitu bagus. Jangan lupa untuk menyiapkan deskripsi untuk masing-masing foto supaya calon pembeli bisa lebih mudah lagi melakukan ‘perkenalan’ dengan produk Anda.

Berikan Opsi untuk Pengiriman

Selanjutnya Anda perlu memberikan calon pembeli opsi untuk pengiriman. Hal ini untuk mempermudah pembeli memilih jasa ekspedisi yang paling dekat dengan tempat tinggal mereka. Karenanya, tak ada salahnya jika Anda menggaet semua ekspedisi yang ada.

Berikan Harga yang Bersaing

Dari dulu sampai sekarang, harga ini selalu menjadi masalah yang sensitif. Nah, tugas Anda adalah berikan harga yang mampu bersaing dengan para pemilik toko online lain. Ada baiknya juga jika Anda melakukan riset kecil-kecilan soal harga dari para pesaing ini terlebih dahulu supaya Anda bisa menentukan harga jual produk. Tentunya tanpa mengesampingkan jumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Berikan Respon yang Cepat

Sebagai penjual yang baik tentunya Anda harus memberikan respon yang cepat pada setiap calon pembeli yang ingin membeli produk dari Anda. Nah, supaya Anda tidak terlalu lelah karena harus stand by seperti ini, maka Anda perlu membatasi jam kerja Anda. Misalnya dari jam 08.00 sampai dengan jam 21.00.

Sampaikan batasan pelayanan tersebut di toko online Anda supaya calon pembeli bisa mengerti kapan waktu Anda istirahat dan kapan waktu Anda siap untuk melayani mereka.

Author: admin