Tips Jitu Bisnis Kuliner Online Jadi Laris

Tips Jitu Bisnis Kuliner Online Jadi Laris

Ada banyak hal yang bisa Anda jual secara online termasuk makanan. Saat ini sudah banyak pelaku usaha bisnis kuliner yang mendirikan toko online guna menjaring pembeli lebih banyak dan membuat dagangan mereka semakin laris. Melakukan bisnis kuliner online seperti ini memang bisa dikatakan cukup susah karena calon pembeli tidak bisa menyentuh dan mencicipi makanan tersebut secara langsung.

Karenanya, jika Anda ingin mendirikan bisnis online di bidang kuliner seperti ini, maka Anda harus melakukan berbagai upaya supaya banyak orang yang tertarik untuk membeli dan membuat makanan Anda semakin laris. Diantara berbagai tips yang bisa Anda lakukan untuk tujuan tersebut adalah sebagai berikut.

Tips Agar Bisnis Kuliner Online Laris dan Banyak Pembeli

Tentukan Merk Makanan yang Anda Jual

Ketika Anda hendak menjual apapun, entah itu makanan ataupun yang lainnya, ingatlah untuk selalu menentukan merk terlebih dahulu. Merk ini adalah salah satu kunci agar target pasar bisa mengenal produk Anda. Karenanya, Anda harus memikirkan sebuah nama merk yang mampu menggambarkan Anda dan bisnis makanan yang Anda lakoni ini.

Tapi jangan membuat merk yang terlalu panjang karena banyak orang yang malas membaca kalimat panjang seperti ini. Sebaiknya Anda juga tidak menggunakan istilah asing yang masih sulit dipahami karena orang-orang akan malas mengingatnya. Bagaimana dengan logo merk? Ya, sebaiknya Anda juga membuatnya karena bagaimanapun logo ini mampu menggambarkan bisnis kuliner yang Anda tekuni.

Berikan Kesan Pertama yang Baik

Baik di gerai fisik maupun di gerai online, Anda harus memberikan kesan pertama yang baik. Jika pada gerai fisik hal ini bisa Anda tempuh dengan memberikan pelayanan dengan senyum dan mendesain gerai tersebut dengan semenarik mungkin, maka dalam gerai online, Anda bisa melakukannya dengan cara memasang gambar atau foto makanan yang menarik.

Sebaiknya foto yang Anda pasang itu adalah foto makanan yang Anda produksi sendiri saja. Kalau mau, Anda bahkan bisa memasang foto kegiatan produksi juga supaya calon pembeli benar-benar yakin bahwa makanan yang Anda jual dibuat dari bahan-bahan berkualitas dan terjamin kebersihannya.

Berikan Deskripsi pada Makanan yang Anda Jual

Calon pembeli Anda tidak akan bisa mencicipi makanan Anda. Mereka hanya tahu bentuk makanan tersebut melalui foto atau gambar yang Anda pasang saja. Karenanya, Anda harus membantu mereka untuk bisa menciptakan sebuah bayangan mengenai makanan Anda tersebut dengan melalui deskripsi.

Deskripsi ini wajib Anda cantumkan pada setiap produk Anda. Deskripsi ini bisa mencakup banyak hal, dua diantaranya adalah komposisi bahan serta harga. Anda perlu menulis deskripsi tersebut dengan cara yang menarik supaya emosi konsumen Anda bisa tercipta dan akhirnya mereka tertarik untuk mencicipi makanan Anda.

Jangan Lupa untuk Menentukan Menu Andalan

Tips yang selanjutnya ialah tentukan menu andalan. Dari sekian banyak variasi makanan yang Anda tawarkan, Anda pasti punya kan yang namanya menu andalan. Nah, Anda bisa menunjukkan menu andalan ini pada calon pembeli sekaligus dengan deskripsi serta testimoni yang diberikan oleh beberapa konsumen Anda sebelumnya.

Manfaatkan Sosial Media

Walaupun Anda sudah punya website khusus sebagai sarana untuk berjualan, sebaiknya Anda juga memanfaatkan sosial media untuk mendongkrak penjualan. Hal ini dikarenakan sosial media itu mempunyai peran yang besar terutama dalam hal promosi. Tekniknya adalah sama, pasang foto produk lalu berikan deskripsi mengenai produk tersebut.

Tapi, karena ini adalah sosial media, tentunya Anda tidak dimungkinkan untuk memberikan penjelasan yang panjang mengingat kapasitas penggunaan katanya terbatas. Jadi, silahkan Anda berikan deskripsi yang seefektif mungkin, dan sebaiknya Anda manfaatkan kelebihan tagging juga ya. Usahakan untuk Anda memberikan tagging pada orang yang berbeda untuk setiap foto yang Anda pasang.

Author: admin